Saturday, June 22, 2024

Segala Informasi Mengenai Bidang Tour Guide

Kami menyediakan berbagai informasi mengenai masalah tour guide atau lebih dikenal dengan pemandu wisata terbaik yang bisa kalian dapatkan info terupdatenya di sini

Tour & Travel

Mengenal Profesi Tour Guide dan Jenisnya di Industri Pariwisata

Mengenal Profesi Tour Guide dan Jenisnya di Industri Pariwisata – Profesi tour guide semakin diminati seiring meningkatnya jumlah destinasi wisata yang bermunculan. Bahkan saat ini, banyak tersedia paket perjalanan yang mencakup layanan pemandu wisata. Tujuan utamanya adalah untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan selama perjalanan mereka. Di Indonesia sendiri, terdapat mempunyai banyak destinasi wisata luar biasa dan populer. Banyak wisatawan asing datang hanya untuk menikmati liburan di sini.

Salah satu jenis destinasi yang sering dikunjungi adalah wisata alam, seperti pantai, gunung, taman, dan lain sebagainya. Kehadiran pemandu wisata sangat membantu dalam menjelaskan dan memandu para wisatawan tentang tempat-tempat yang mereka kunjungi. Layanan ini tidak hanya ditujukan untuk wisatawan asing, tetapi juga untuk siapa pun yang berkunjung. Tetapi, apa sebenarnya peran seorang pemandu wisata? Berikut ini ialah ulasannya secara lebih mendetail.

Mengenal Profesi Tour Guide dan Jenisnya di Industri Pariwisata

Pengertian Profesi Tour Guide dan Jenisnya

Mengenal Profesi Tour Guide dan Jenisnya di Industri Pariwisata. Seorang pemandu wisata atau yang sering disebut sebagai tour guide, adalah seorang profesional yang bertanggung jawab mendampingi dan memberikan informasi kepada para wisatawan selama perjalanan mereka. 

Mereka memiliki peran krusial dalam memastikan pengalaman wisata para pelancong menjadi informatif, aman, dan menyenangkan. Tugas utama mereka adalah memimpin dan mengarahkan wisatawan sesuai dengan rencana perjalanan yang telah ditetapkan.

Oleh karena itu, seorang tour guide wajib mempunyai pengetahuan yang sangat luas tentang tempat-tempat wisata yang harus mereka kunjungi, termasuk sejarah, budaya, hingga fakta menarik lainnya. Mereka harus mampu menyampaikan informasi tersebut dengan cara yang menarik dan mudah dipahami oleh para wisatawan. 

Selain itu, tour guide juga harus memiliki kewajiban supaya bisa memastikan keselamatan dan kenyamanan para turis selama perjalanan. Seorang pemandu wisata juga harus siap untuk menghadapi situasi yang tidak terduga dan memberikan bantuan yang diperlukan kepada para wisatawan. 

Mereka harus selalu bersikap profesional dan sopan terhadap para pelancong, menjaga penampilan dan menggunakan bahasa yang baik, serta selalu siap untuk membantu para wisatawan dengan senang hati. Berikut adalah beberapa jenis tour guide yang umumnya ditemui:

Berdasarkan Statusnya, Tempat Tugas dan Pelaksanaannya

Dilihat dari jenisnya ada banyak profesi tour guide. Berdasarkan statusnya tour guide dibedakan menjadi beberapa kelompok yaitu:

1. Payroll Guide (Tour Guide Tetap)

Tour guide tetap adalah jenis tour guide yang bekerja secara tetap pada sebuah biro perjalanan wisata (BPW) atau lembaga pariwisata. Mereka menerima gaji dan tunjangan dari perusahaan tempat mereka bekerja dan memiliki jam kerja serta cuti yang teratur. Seiring dengan waktu, mereka mungkin mengembangkan spesialisasi pada suatu daerah atau jenis wisata tertentu.

Bagi mereka yang mencari pekerjaan tetap dengan gaji stabil di bidang pariwisata, menjadi tour guide tetap merupakan pilihan yang cocok. Namun, perlu diperhatikan bahwa menjalani profesi tour guide ini perlu dapat menyesuaikan diri dengan jam kerja teratur dan potensi rutinitas yang mungkin terjadi dalam pekerjaan ini. Perusahaan biasanya memiliki standar pelayanan dan panduan tersendiri yang harus diikuti oleh tour guide.

Meskipun demikian, karena sering ditugaskan untuk memimpin tour ke destinasi tertentu, tour guide tetap menjadi lebih ahli dan memiliki pengetahuan mendalam tentang daerah atau jenis wisata yang sering mereka kunjungi. 

Hal tersebut membuat mereka menjadi sebuah sumber informasi yang sangat berharga bagi para wisatawan yang mereka bawa. Dengan demikian, menjadi tour guide tetap juga memungkinkan untuk pengembangan dan peningkatan keterampilan yang berkelanjutan dalam industri pariwisata.

2. Freelance Guide (Tour Guide Lepas)

Berbeda dari sebelumnya, seorang pemandu wisata bekerja secara independen tanpa afiliasi dengan perusahaan tertentu. Mereka biasanya menawarkan layanan mereka langsung kepada pelancong atau melalui agen perjalanan. 

Profesi tour guide jenis ini memiliki fleksibilitas dalam menentukan jadwal dan lokasi kerja mereka. Pendapatan mereka tidak stabil dan tergantung pada jumlah pelancong yang menggunakan layanan mereka. Mereka memiliki keahlian khusus dalam berbagai jenis wisata dan dapat melayani pelancong dari berbagai negara.

3. Escort Guide ( Tour Guide Pendamping)

Pendamping wisata ini bertugas menemani para wisatawan selama perjalanan tanpa memberikan informasi wisata secara mendalam. Layanan ini cocok bagi wisatawan yang menginginkan pendampingan tetapi tidak memerlukan pengetahuan wisata yang dalam. Kemampuan komunikasi yang baik dan pemahaman terhadap kebutuhan wisatawan menjadi kunci dalam profesi ini.

4. Local Guide (Tour Guide Lokal)

Profesi tour guide lokal adalah individu yang tinggal di daerah wisata dan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang wilayah tersebut. Mereka menawarkan pengalaman wisata yang unik dan otentik yang tidak tersedia melalui agen wisata konvensional. Kemampuan berkomunikasi yang baik dan kemampuan untuk berinteraksi dengan penduduk setempat menjadi modal penting dalam pekerjaan ini.

Sebagaimana tour guide pada umumnya, mereka mengikuti sebuah rencana perjalanan yang telah ditrapkan. Namun, penekanannya adalah pada pengalaman lokal dan cerita rakyat setempat, yang memberikan wawasan yang lebih dalam tentang tempat-tempat yang dikunjungi. Mereka juga memiliki kewajiban atas keamanan hingga kenyamanan selama perjalanan wisata.

5. Inbound Guide (Tour Guide Domestik)

Melayani wisatawan domestik di negara tempat tinggalnya memang memerlukan keterampilan yang khusus. Sebagai seorang dengan profesi tour guide domestik, tugasnya adalah mendampingi dan memberikan informasi kepada wisatawan lokal atau wisatawan dari dalam negeri yang berlibur di negara sendiri.

Mereka mengarahkan wisatawan domestik untuk menjelajahi berbagai tempat wisata menarik di dalam negeri, sambil memberikan penjelasan mendalam tentang tempat-tempat tersebut, termasuk sejarah, budaya, adat istiadat, dan fakta menarik lainnya. Selain itu, mereka bertanggung jawab supaya bisa mengetahui bahwa perjalanan wisatawan berjalan dengan sangat baik dan mengasikan.

Bagi wisatawan lokal yang ingin mengalami pengalaman berwisata yang lebih mendalam di Indonesia, menggunakan jasa tour guide domestik bisa menjadi pilihan yang tepat. Ini memungkinkan mereka supaya bisa mendapatkan wawasan yang lebih tinggi dan sebuah pengalaman yang lebih terkesan selama liburan mereka.

6. Outbound Guide (Tour Guide Luar Negeri)

Selain tour guide domestik, ada juga tour guide luar negeri yang melayani wisatawan mancanegara yang melakukan perjalanan ke luar negeri. Tour guide ini bertanggung jawab memimpin dan mengarahkan para wisatawan dengan baik selama perjalanan mereka. Mereka harus menegaskan terhadap wisatawan agar tetap disiplin dan mengikuti jadwal liburan yang telah ditentukan.

Kemampuan bahasa asing, terutama bahasa Inggris, menjadi hal yang sangat penting bagi tour guide luar negeri. Menguasai beberapa bahasa asing lainnya juga dianggap sebagai nilai tambah. Selain itu, mereka harus memiliki kemampuan interpersonal yang baik dan mampu berinteraksi dengan wisatawan dari berbagai latar belakang budaya.

Penutup:

Menjadi seorang tour guide bukanlah soal pekerjaan yang sangat gampang. Setiap jenis dari pemandu wisata mempunyai kemampuan khusus yang wajib dibutuhkan supaya bisa menjalankan tugas mereka dengan maksimal. Oleh karena itu, penting untuk memahami profesi tour guide dan jenis-jenisnya sebelum memutuskan untuk terjun ke dalam dunia pariwisata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *